"Kebanyakan orang mengatakan intelektualitaslah yang membuat seorang ilmuwan hebat. Mereka salah, yang membuatnya hebat adalah karakter"

-Albert Einstein-
Sabtu, 01 Juni 2013

[K-Drama] Dong Yi : Jewel In The Crown


PENDAPAT PRIBADI
Assalamu’alaikum J Kali ini, untuk pertama kalinya, saya akan mengulas sebuah Drama Korea yang menurut saya KEREN bangeeeet.
Udah pada tahu drama ini kan?? Drama ini tergolong drama yang sudah cukup lawas. Tayang di Korea pada tahun 2010. Kalo saya sendiri sih mulai nonton drama ini saat kelas 9 SMP, sekitar awal 2011’an. Dan drama ini adalah salah satu drama yang berhasil merebut hati saya. Bahkan sampe sekarangpun, drama ini tetap melekat di hati (Lebay, kekeke)

Drama ini bercerita tentang kisah perjalanan hidup seorang selir jaman Dinasti Joseon yaitu selir Choi Suk Bin, salah satu selir Raja Sukjong. Kenapa saya bilang salah satu? soalnya selir Raja yang satu itu tergolong banyak (playboy berarti, kekeek. Just Kidding) . Selirnya yang paling terkenal, yang namanya sudah melanglang seantero Korea adalah Selir Jang Hee Bin atau dikenal juga dengan Jang Ok Jung. Jang Hee Bin ini adalah musuh Dong Yi (Choi Suk Bin) di drama ini. Tapi saya tak akan membahas konflik antara Dong Yi dan Jang Hee Bin.
Oh iya, peringatan ya. Drama ini bukan murni dari sejarah aslinya. Kalo dalam sejarah asli, Choi Suk Bin hanya dijelaskan sebagai salah satu selir raja Sukjong yang pada akhirnya melahirkan calon raja berikutnya. Jadi cerita di drama ini sebagian besar adalah murni sebuah DRAMA.
Balik lagi ke topik. Saya suka drama ini. Bukan dari sisi romancenya. Suka sih suka, tapi saya lebih tersentuh dengan perjuangan Dong Yi. Sejak awal drama, Ia sudah menderita. Tapi ia mampu bangkit. Ia tidak terpuruk dan justru berusaha untuk berlari. Ia mengejar penjahat yang telah menyebabkan kematian ayah dan kakaknya. Bukan ingin balas dendam, tapi ingin menjernihkan masalah. Jalan yang dilaluinya tidak mudah. Banyak rintangan yang menghalangi jalannya. Ia bahkan berkali-kali hampir kehilangan nyawanya untuk mengungkap masalah yang sebenarnya. Tapi Ia tidak menyerah. Ia tetap terus berjuang. Sikap itulah yang saya suka.
Satu lagi. Saat akhirnya Dong Yi berhasil mencapai puncak, Ia tidak lupa diri. Ia tidak terbuai dengan kekuasaan.  Tidak seperti Hee Bin yang terbelenggu dalam keserakahan akan kedudukan dan kekuasaan. Dong Yi mampu mengalahkan hasrat itu. Meskipun terkesan klise, tapi itulah yang membuat saya makin cinta. Hehehe :D

Kalo dari segi pemain, menurut saya yang awam soal dunia per-akting-an (hehehe), akting para pemain sangat TOP. Saya suka dengan akting Han Hyo Joo. Dia berhasil menggambarkan sosok Dong Yi dengan begitu baik. Meskipun perannya tidak se-meledak seperti perannya di drama Brilliant Legacy, tapi sumpah deh, saya jatuh cinta dengan karakternya. Natural banget. Terus juga chemistry dengan Ji Jin Hee yang berperan sebagai Raja Sukjong sangatlah kuat. Meskipun usia mereka terpaut lumayan jauh, tapi kayaknya itu nggak mempengaruhi mereka deh.
Untuk Ji Jin Hee, sepertinya aktingnya nggak perlu diragukan lagi deh. Sejak dia main di Dae Jang Geum, saya udah suka dengan dia. Kharismanya sebagai Raja benar-benar memancar.
Lalu soal akting Lee So Yeon yang berperan sebagai Jang Hee Bin. Heeemmm, saya kira dia memerankan karakter itu dengan baik. Dari luar (baca : didepan raja), dia bisa berlagak sebgai seorang wanita yang anggun, bermartabat, dan cerdas. Tak heran jika awalnya raja sangat tergila-gila padanya. Tapi, dia sebenarnya adalah ular yang menunggu waktu yang tepat untuk menyerang. Pokoknya Lee So Yeon pantes banget berperan sebagai Jang Hee Bin.
Nah, ini dia nih. Seseorang yang udah dua kali gagal berpasangan dengan Han Hyo Joo. Siapa lagi kalo bukan Bae Soo Bin. Di drama Brilliant Legacy, dia dikalahkan oleh Lee Seung Gi. Nah, di drama ini, dia dikalahkan oleh Ji Jin Hee. Ckckck. Kasihan beut Oppa yang satu ini. Hahaha :D. Bae Soo Bin sebagai Cha Cheon Soo juga keren. Dia berhasil menggambarkan figur seorang kakak yang melindungi Dong Yi. Meskipun dia mencintai Dong Yi lebih dari seorang adik, tapi dia tidak berusaha memaksakan perasaannya. Dia menghormati keputusan Dong Yi yang lebih memilih untuk mendampingi Raja Sukjong. Dan dia melindungi Dong Yi dengan segenap jiwa raganya. Akting Bae Soo Bin disini menurut saya benar-benar total. Dia bener-bener cool. Jujur, saya lebih suka karakternya disini daripada karakternya di Brilliant Legacy.
Tapi jujur ya, ada beberapa hal yang saya nggak suka dari drama ini. Di beberapa titik, menurut saya alurnya terlalu berlebihan. Kadang-akadang ada bagian yang terlalu mulek. Terus juga terlalu banyak kebetulan yang menurut saya kurang masuk akal. Seperti saat pertemuan pertama Dong Yi dengan Raja, saat Raja menemukan Dong Yi, saat rumah Young dal ternyata yang menyewa adalah Cha Cheon Soo. Kelihatan terlalu aneh. Yah, tapi namanya juga drama. Kalo nggak mendramatisir ya jadi gimanaaaa gitu.

Nah, ada juga yang saya nggak suka. Bajunya selir-selir Raja ituloh, termasuk baju ratu. Kenapa bajunya itu-itu mulu?? Gantinya Cuma beberapa kali selama drama. Apa buat menghemat budget?? Tapi masa iya sih, bajunya ganti sebulan sekali. Apa itu baju seragam?? Tapi saya lihat di drma-drama lain bajunya juga sering ganti. Heeemmm. Hehehe. Nggak penting banget ya.
Oke. Cukup segini ulasan saya ya. Sekali lagi, semua ulasan disini adalah murni pendapat saya. Saya nggak tahu kalian setuju atau tidak. Saya juga nggak memaksa kalian untuk setuju.  Tapi yang jelas, menurut saya drama ini benar-benar TOP.

DETAIL DRAMA
Judul : Dong Yi a.k.a Jewel In The Crown
Genre : Romance, Sejarah
Stasiun Tayang : MBC

PEMAIN
Han Hyo Joo sebagai Choi Dong Yi (Choi Suk Bin)
Ji Jin Hee sebagai Raja Sukjong
Bae Soo Bin sebagai Cha Cheon Soo
Lee So Yeon sebagai Jang Ok Jung (Jang hee Bin)
Park Ha Sun sebagai Ratu In Hyeon

SINOPSIS SINGKAT
Awalnya, Dong Yi adalah seorang putri budak yang memiliki kepandaian diatas rata-rata. Ayah dan kakak laki-lakinya, serta Cha Cheon Soo, seorang teman kakaknya, adalah budak yang membentuk sebuah organisasi rahasia bernama Geumgae. Geumgae adalah organisasi yang membebaskan budak dari perlakuan buruk sang majikan. Namun, karena suatu konspirasi politik, Geumgae dituduh sebagai organisasi pemberontak yang pada akhirnya harus dieksekusi. Ayah dan Kakak Dong Yi tewas karena hal itu serta Cha Cheon Soo tidak tahu dimana rimbanya.
Dong Yi yang mengetahui ada konspirasi dibalik kematian Ayah dan Kakaknya, memutuskan untuk menyelidiki kasus itu dengan memburu seorang dayang istana yang ia curigai terlibat dalam konspirasi yang telah menewaskan ayah dan kakaknya tersebut. Ia memutuskan masuk istana sebagai pelayan di biro musik.

Beberapa tahun berlalu, Dong Yi kini sudah tumbuh sebagai pelayan cantik berotak cerdas. Ia tetap mencari dayang istana itu namun tidak mendapat petunjuk apapun. Saat Dong Yi hampir putus asa, sebuah takdir mempertemukannya dengan seorang selir raja Sukjong, Jang Ok Jung. Dong Yi mencurigai selir itu sebagai dayang yang selama ini terus dicarinya. Namun saat ia berusaha mencari tahu, ia justru tanpa sengaja berhasil menyelamatkan Jang Ok Jung dari sebuah jebakan. Jang Ok Jung sangat mengagumi kecerdasan Dong Yi . Dia mengangkat Dong Yi sebagai seorang Dayang Penyelidik yang mengakibatkan timbulnya gejolak di istana. Tanpa sadar, Dong Yi sudah memasuki sebuah pusaran politik di istana. Dan saat itulah, ia juga tahu bahwa Cheon Soo Orrabeoni ternyata masih hidup.
Sulit bagi Dong Yi, yang seorang dari kelas bawah, bisa bertahan menghadapi intrik istana. Namun, ada seseorang yang selama ini selalu menyemangatinya. Seorang yang mengenalkan dirinya sebagai hakim kota. Seorang yang pada akhirnya ia ketahui sebagai sang raja, Raja Sukjong.

Dong Yi sangat terkejut dengan kenyataan bahwa “Tuan Hakim” yang selama ini selalu membantu dan menemaninya adalah Raja. Namun diluar dugaa, Raja justru merasa bersalah karena telah membohongi Dong Yi. Raja bahkan meminta Dong Yi untuk kembali menganggapnya sebagai Tuan Hakim. Sejak saat itu, Raja dan Dong Yi semakin dekat satu sama lain.
Sebuah pusaran politik kembali menyeret Dong Yi. Jang Ok Jung, yang sekarang bergelar Jang Hee Bin, ternyata  tidaklah sebaik yang Dong Yi kira. Jang Hee Bin mengincar takhta ratu. Hubungan Dong Yi dan Jang Hee Bin semakin memburuk, dan pada akhirnya, Dong Yi berbalik menentang Hee Bin. Apalagi ditambah dengan kecemburuan Hee Bin terhadap kedekatan Dong Yi dan Raja. Hee Bin akhirnya membuat sebuah rencana untuk menyingkirkan Dong Yi dan merebut takhta ratu. Rencana berhasil. Ratu tersingkirkan dan Dong Yi lenyap dari istana.
Raja terpukul dengan hilangnya Dong Yi dari istana. Ia memerintahkan anak buahnya untuk mencari Dong Yi di seluruh penjuru Joseon. Lama ia mencari. Namun ia belum berhasil menemukannya. Dia menyadari bahwa kehadiran Dong Yi sangat berarti baginya.

Takdir kembali mempertemukan Dong Yi dengan Raja. Raja sangat bahagia. Ia ingin mengembalikan Dong Yi ke istana. Dong Yi juga ingin memberikan bukti kejahatan Ratu Jang (dulu Hee Bin), tapi Ia tidak tega karena merasa Raja sangat menyayangi Ratu Jang. Namun sebuah intrik memaksa Raja untuk melakukan sebuah rencana. Raja mengirim Dong Yi keistana sebagai Sung Eun Sang Gung, dayang yang telah mendapatkan perhatian raja.

Dong Yi terkejut dengan tindakan raja. Begitupula Raja. Ia menginginkan Dong  Yi, tapi ia tidak yakin dengan perasaan Dong Yi padanya. Ia akhirnya menyatakan perasaannya dan bertanya bagaimanakah perasaan Dong Yi padanya. Dong Yi ragu karena masa lalunya. Ia sebenarnya mencintai Raja dan ingin berada disisinya. Namun masa lalu dan latar belakang menghalanginya. Ia bimbang.
Keputusan apa yang diambil oleh Dong Yi? Apakah Ia akan menerima hati Raja dan tetap berada di samping Raja? Lalu, bagaimana dengan Ratu Jang? Apakah Ia akan tetap duduk di posisi yang tidak seharusnya dimilikinya? Yang sudah nonton pasti tahu. Tapi yang belum, silahkan baca sinopsisnya. Heheh :P

SINOPSIS-nya
Sinopsis Dong Yi episode 1 
Sinopsis Dong Yi episode 2 
Sinopsis Dong Yi episode 3 
Sinopsis Dong Yi episode 4 
Sinopsis Dong Yi episode 5 
Sinopsis Dong Yi episode 6 
Sinopsis Dong Yi episode 7
Sinopsis Dong Yi episode 8
Sinopsis Dong Yi episode 9
Sinopsis Dong Yi episode 10
Sinopsis Dong Yi episode 11
Sinopsis Dong Yi episode 12
Sinopsis Dong Yi episode 13
Sinopsis Dong Yi episode 14
Sinopsis Dong Yi episode 15
Sinopsis Dong Yi episode 16
Sinopsis Dong Yi episode 17
Sinopsis Dong Yi episode 18
Sinopsis Dong Yi episode 19
Sinopsis Dong Yi episode 20
Sinopsis Dong Yi episode 21
Sinopsis Dong Yi episode 22
Sinopsis Dong Yi episode 23
Sinopsis Dong Yi episode 24
Sinopsis Dong Yi episode 25
Sinopsis Dong Yi episode 26
Sinopsis Dong Yi episode 27
Sinopsis Dong Yi episode 28
Sinopsis Dong Yi episode 29
Sinopsis Dong Yi episode 30
Sinopsis Dong Yi episode 31
Sinopsis Dong Yi episode 32
Sinopsis Dong Yi episode 33
Sinopsis Dong Yi episode 34
Sinopsis Dong Yi episode 35
Sinopsis Dong Yi episode 36
Sinopsis Dong Yi episode 37
Sinopsis Dong Yi episode 38
Sinopsis Dong Yi episode 39
Sinopsis Dong Yi episode 40
Sinopsis Dong Yi episode 41
Sinopsis Dong Yi episode 42
Sinopsis Dong Yi episode 43
Sinopsis Dong Yi episode 44
Sinopsis Dong Yi episode 45
Sinopsis Dong Yi episode 46
Sinopsis Dong Yi episode 47
Sinopsis Dong Yi episode 48
Sinopsis Dong Yi episode 49
Sinopsis Dong Yi episode 50
Sinopsis Dong Yi episode 51
Sinopsis Dong Yi episode 52
Sinopsis Dong Yi episode 53
Sinopsis Dong Yi episode 54
Sinopsis Dong Yi episode 55
Sinopsis Dong Yi episode 56
Sinopsis Dong Yi episode 57
Sinopsis Dong Yi episode 58
Sinopsis Dong Yi episode 59
Sinopsis Dong Yi episode 60 (final)





Sekian post kali ini. Selamat membaca^^

Title: [K-Drama] Dong Yi : Jewel In The Crown; Written by siti_wahidah96; Rating: 5 dari 5

Ditulis Oleh : siti_wahidah96 ~ Seputar Info komputer Dan Catatan--kuu

Artikel [K-Drama] Dong Yi : Jewel In The Crown ini diposting oleh siti_wahidah96 pada hari Sabtu, 01 Juni 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::Selamat Membaca::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template by OTW’s Journal :D