"Kebanyakan orang mengatakan intelektualitaslah yang membuat seorang ilmuwan hebat. Mereka salah, yang membuatnya hebat adalah karakter"

-Albert Einstein-
Jumat, 14 Juni 2013

[Tips Komputer] Mengapa Harddisk Saya Mudah Rusak???



Assalamu’alaikum^^
Nah, akhir-akhir ini kan saya jarang ngepost tips komputer. Paling-paling ngepost tentang link download gadget windows 7 ataupun link sinopsis drama korea. Nah, oleh karena itulah saya berinisiatif untuk ngepost tentang ini untuk variansi isi blog. Hehehe :P


Beberapa bulan lalu (wuih, dah lama yaaa), ada salah seorang temanku yang mengeluh tentang laptopnya. Harddisk laptopnya rusak padahal usia laptop belum ada setahun. Nah lho, kenapa itu?? Saya sendiri juga lumayan terkejut. Pasalnya komputer saya yang udah dipakai bertahun-tahunpun kondisi harddisknya masih sip. Saya juga takut hal sama terjadi pada laptop saya karena kebetulan merk laptop kami sama yaitu merk tiiiiii****ttt (sensor :D).
Hemm, akhirnya saya browsing deh di nenek google tentang masalah itu. Dan ternyataaaaaaa, banyak yang mengalami hal serupa. Laptop belum lama dipakai tapi harddisk sudah soak. Heeeem, kenapa hal itu bisa terjadi??? Berikut ini beberapa penyebab harddisk laptop mudah rusak padahal laptop masih tergolong baru.

  1. Tegangan listrik yang tidak cocok dengan tegangan harddisk.
  2. Laptop terlalu lama digunakan tanpa istirahat sehingga harddisk kepanasan.
  3. Proses shutdown yang tidak tepat (maksudnya langsung mencabut koneksi listrik tanpa mematikan laptop terlebih dahulu).
  4. Membawa-bawa laptop dalam keadaan menyala sehingga harddisk terguncang-guncang.
  5. Harddisk terbentur atau terjatuh.
  6. Harddisk terlalu panas tetapi kipas harddisk tidak menyala.
  7. Sering main-main dengan aplikasi. Maksudnya menginstall sebuah aplikasi untuk kemudian meng-uninstallnya.
  8. Harddisk mengalami bad sector tapi tidak ketahuan.
  9. Harddisk sering  fragmented  tetapi tidak di-defragment


Nah lho, gimana ini? Pasti ada sebagian diantara kita yang pernah atau bahkan sering melakukan hal-hal tersebut. Apalagi yang nomor 2 kalau kita sudah keasyikan nge-game. Heemm, saya sendiri juga begitu soalnya. Nah, gimana kalo harddisk kita akan mengalami nasib serupa dengan harddisk laptop temen saya??? TIDAAAAAAAAAAAAAAKKKKK. Saya tidak mau hal serupa terjadi. Kalian juga nggak mau kan??? Oleh karena itu, saya akan membagi tips-tips agar harddisk kita tahan lama. Berikut ini tipsnya....
1.      Pastikan Asupan Listrik Memenuhi dan Stabil
Musuh utama harddisk adalah listrik yang tidak stabil. Secara umum suplai voltase listrik ke dalam sistem PC yang normal adalah antara 180 - 230 volt. Namun terkadang asupan voltase listrik dari PLN tidak memenuhi standar tersebut, maka solusinya adalah menggunakan stabilizer untuk menaikan voltase sesuai dengan tuntutan komputer. Kerusakan yang sering terjadi pada harddisk adalah disebabkan oleh listrik yang mati mendadak dan voltase yang tidak memenuhi, maka dari itu pastikan voltase listrik anda memenuhi standar yang dibutuhkan komputer
2.      Biasakan Mematikan Komputer Secara Benar
Mematikan komputer secara benar yaitu sesuai urutan perintah yang umum. Melalui menu Shut Down atau Turn Off. Jangan mematikan komputer dengan mencabut kabel listrik, mematikan stabilizer atau menekan tombol power pada CPU. Karena mematikan komputer dengan cara ini memberikan efek yang tidak baik pada harddisk, bayangkan saja kepingan harddisk yang sedang berputar cepat, tiba - tiba dihentikan secara paksa. Mobil yang di rem mendadak saja, bannya pasti akan mengalami aus, apalagi harddisk
3.      Lakukan Scandisk dan Defrag Secara Berkala
Sancdisk adalah suatu progam untuk mengecek dan memeriksa apakah terjadi kerusakan pada harddisk atau tidak, sekaligus memperbaikinya. Defrag adalah untuk melakukan penataan ulang file, sektor, track, dan cluster pada harddisk, sehingga terkelompok secara teratur berdasarkan logika penataan tertentu





Sekian post kali ini. Selamat membaca^^
Title: [Tips Komputer] Mengapa Harddisk Saya Mudah Rusak???; Written by siti_wahidah96; Rating: 5 dari 5

Ditulis Oleh : siti_wahidah96 ~ Seputar Info komputer Dan Catatan--kuu

Artikel [Tips Komputer] Mengapa Harddisk Saya Mudah Rusak??? ini diposting oleh siti_wahidah96 pada hari Jumat, 14 Juni 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

::Selamat Membaca::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template by OTW’s Journal :D